Sabtu, 02 Mei 2015

ARTIKEL STRATEGI PEMASARAN MAGIC DISC

STRATEGI PEMASARAN
MAGIC DISC
Pemasaran Magic Disc sangat erat hubungannya dengan dunia pendidikan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari usaha penjualan melalui guru bidang study di sekolah-sekolah di daerah terdekat dengan tempat tinggal para distributor. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, akan banyak menarik minat guru atau siswa di sekolah-sekolah yang kita bidik sebagai pangsa pasar dari produk magic disc yang kita tawarkan. Kalaupun Magic Disc yang kita tawarkan ternyata hanya dilirik tanpa satupun terjual, mungkin karena penerapan strategi pemasaran yang keliru atau kurang tepat, bisa juga karena kita menawarkan Magic Disc kepada guru atau siswa yang kurang tepat. Atau mungkin guru/siswa masih ragu dengan kehadiran produk baru dilingkungan sekolah mereka, sehingga mereka pada saat pertama hanya tertarik untuk melihat-lihat sekaligus untuk membandingkan produk sejenis dari produsen lain.
Barang atau jasa yang baru masuk kedalam pasar, tentu akan menempati kelas menengah kebawah jika dibandingkan dengan produk sejenis yang telah menguasai pasar lebih dulu. Jika kita menginginkan Magic Disc yang kita tawarkan menempati kelas atas dan banyak diminati oleh guru atau siswa, maka beberapa usaha yang terkait dengan strategi pemasaran harus kita terapkan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut. Karena dengan banyaknya Magic Disc yang laku, maka dengan otomatis jumlah keuntungan yang kita dapatkan juga akan berlipat ganda. Di sebuah sekolah ekonomi, pasti banyak sekali dibahas tentang strategi pemasaran yang ditinjau dari banyak aspek dan mungkin justru akan membingungkan bagi seorang distributor (agen) yang hanya memahami dunia pemasaran atau penjualan secara otodidak tanpa pernah bersentuhan dengan buku-buku atau pembahasan-pembahasan secara lisan yang berhubungan dengan strategi pemasaran. Tetapi jangan salah sangka terlebih dahulu, para distributor yang merintis usaha dan menjadi besar secara otodidak tersebut, belum tentu kalah jika dibandingkan dengan lulusan sekolah ekonomi yang lulus nilai cumlaude sekalipun.
Para distributor otodidak ini, biasanya memang lahir dari sebuah usaha tingkat kecil dimana mereka diharuskan untuk membesarkan usahanya sehingga dapat mempertahankan hidup. Cara untuk dapat mempertahankan hidup, tentu saja salah satunya adalah terpenuhinya kebutuhan hidup. Dengan sebuah kondisi yang setengah terpaksa atau dipaksa, biasanya sering muncul ide-ide baru yang segar untuk menerobos pasar dan tak jarang pada akhirnya menjadi sebuah panutan atau teladan bagi para distributor lain, baik yang otodidak maupun yang telah banyak belajar strategi pemasaran dari bangku sekolah ekonomi yang mereka tempuh. Pepatah lama mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Dan sampai saat ini, belum pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan jika sekolah adalah guru terbaik. Di bangku sekolah, terlalu banyak teori-teori yang tidak praktis jika diterapkan pada kehidupan yang pada kenyataannya mempunyai masalah-masalah yang lebih komplek daripada teori-teori yang diajarkan.
Para distributor (agen) baik yang terlahir secara otodidak ataupun terlahir dari bangku sekolah ekonomi favorit, pada akhirnya harus bersaing untuk menemukan sebuah strategi pemasaran yang bagus dan tepat untuk mengatasi persaingan yang terjadi didalam pasar. Apabila memang tidak atau belum mampu untuk menemukan strategi pemasaran yang baru, maka mereka diharuskan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sudah ada sehingga berbeda dengan strategi pemasaran yang digunakan oleh para pesaingnya. Perbedaa dimaksud tentunya bukan berbeda yang sifatnya aneh, nyleneh atau menyimpang, tetapi mengembangkan menjadi lebih baik dan pada akhirnya akan mengundang konsumen (guru/siswa) untuk melirik produk Magic Disc yang kita tawarkan dari pada produk lain yang ditawarkan pesaing di sekolah-sekolah.

Strategi pemasaran yang biasa diambil para distributor Magic Disc antara lain adalah :
1.       Mencari sebuah sekolah atau lembaga pendidikan yang memiliki jumlah siswa yang banyak atau tempat strategis yang menjual ATK, photo copy, toko buku otlet dll yang sering disinggahi guru/siswa yang dibidik untuk membeli Magic Disc yang ditawarkan.
2.       Menampilkan/memperlihatkan Magic Disc yang bisa mengundang atau memancing guru/siswa untuk datang dan melihat-lihat jenis produk yang ditawarkan.
3.      Memberikan suasana yang nyaman kepada guru/siswa dan pengunjung lainnya.
4.      Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
5.      Memberikan garansi terhadap Magic Disc yang kita jual.
6.      Menetapkan harga standar yang sama antara satu sekolah dengan sekolah lainnya yang berdekatan.
7.      Memberikan diskon atau potongan harga jika ada yang beli dalam jumlah banyak.
8.      Memberikan diskon khusus kepada pembeli Magic Disc yang sedang berulang tahun.
9.      Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.
10.  Menyediakan fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara gratis.
Mungkin itu adalah bagian-bagian yang sangat penting dan harus dilalui dalam menerapkan strategi pemasaran untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya dan tentunya belum semua dari keseluruhan strategi pemasaran yang ada. Selain sepuluh hal diatas, yang tak kalah pentingnya adalah pemasangan iklan melalui media local (Koran, tabloid, radio, brosur atau spanduk dll) serta pemberian harga yang akan membentuk opini murah. Penulis bukanlah seorang pengusaha otodidak juga bukan lulusan sebuah sekolah ekonomi, jadi kalau dalam tulisan ini terdapat kesalahan atau kekurangan, silahkan para ahli-ahli ekonomi untuk mengkoreksinya.
Produk Magic Disc
MAGIC DISC terdiri dari dua bagian berbentuk lingkaran (Disc). Antara satu bagian dengan bagian yang lain disatukan dengan kancing (as) pada bagian tengah. Bagian belakang lebih besar dengan diameter 20 cm, dan bagian depan agak kecil berdiameter 17 cm. Antara lingkaran bagian depan dengan lingkaran bagian belakang tidak dapat dipisahkan dalam satu kesatuan. Cara kerjanya diputar salah satu bagian atau kedua-duanya searah jarum jam atau sebaliknya. Seperti permainan sulap yang terkesan Magic mampu menampilkan rumus – rumus secara cepat dan akurat, sehingga sangat membantu siswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru, dan bagi guru sangat membantu dalam proses belajar mengajar, Magic Disc sangat menarik bila dijadikan sebagai Media Pembelajaran.
1.      Magic Disc English
Magic Disc English dirancang sangat unik dengan perpaduan tiga warna merah, hitam  dan putih dengan gambar herrypotther (simbol kejeniusan) yang sangat disukai siswa, pada sisi lingkaran besar terdapat 92 kata kerja tak beraturan lengkap dengan artinya pada bagian belakang. Pada lingkaran kecil di bagian depan dalam kotak terdapat 16 tensis beserta to be dan cara menyusun kalimat menurut tensisnya. Dengan sedikit diputar siswa akan dituntuntun untuk membuat kalimat-kalimat yang sesuai dengan tensis masing-masing dengan kata kerja yang berubah-ubah dan dapat membangkitkan imajinasi dan kreatifitas siswa menggunakan kata kerja dasar (B asic Verb) dan memahami Tenses yang dibagi kepada 5 bentuk : S-Form, Past Form, Participle form dan ING-Form serta penjabarannya ke dalam 16 Tensis sebagai m odal dasar bagi siswa untuk menguasai konsep (4 skill)Speaking, Reading, Wr iting, dan Listening. Magic Disc English sangat cocok bagi pemula yang ingin cepat menguasai Bahasa Inggris, dapat menghemat waktu belajar 6 tahun (SMP & SMA) juga bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris atau yang masih belajar pada les privat.

2.      Magic Disc Physics
Magic Disc Fisika; dirancang untuk memenuhi tuntutan kurik ulum SMP dan SMA, dalam segi bentuk dan warnyanya hampir sama dengan magic disc english, hanya saja disamping gambar herrypother juga terdapat gambar-gambar tokoh ilmuan fisika yang sangat terkenal, ini semata hanya untuk menarik perhatian siswa secara emosional untuk lebih dekat dalam memahami mata pelajaran fisika. Dengan menggunakan Magic Disc Fisika siswa secara cepat dan akurat dapat memahami rumus – rumus fisika dasar, satuan, symbol dan penemu dari daya, gaya, energi, usaha, massa, tekanan, listrik dll serta analogi gerak trans lasi dan rotari dalam pelajaran Fisika pada umumnya hanya dengan memutar sambil bermain siswa akan mudah memahami fisika dasar. Berdasarkan pengalaman guru bidang study, mata pelajaran satu ini bukanlah mata pelajaran faforit siswa karena berhubungan dengan rumus – rumus yang sangat rumit, magic disc fisika hadir untuk menepis imej siswa yang rata – rata tidak menyukai mata pelajaran yang satu ini.
3.      Magic Disc Mathematics
Magic Disc Matematika; hanya cocok untuk murid SD/MI kelas IV, V dan V juga siswa SPM/MTS. Dirancang sangat sederhana untuk membantu siswa memecahkan soal –soal yang berhubungan dengan bentuk bangun, mencari luas, keliling dan jumlah volume serta istilah -istilah dan satuan yang sering digunakan dalam pelajaran matematika. Berdasarkan amatan guru bertahun-tahun soal-soal Ebtanas SD selalu keluar yang berhubungan dengan ruas bangun dan karena itu Magic Disc Matematika dapat dijadikan solusi untuk mengajar siswa yang lebih simple.
4.      Magic Disc Kimia
MAGIC DISC bukanlah permainan sulap, satu –satunya kemudahan dalam penggunaan MAGIC DISC sebagai media belajar adalah mempersingkat waktu belajar 12 tahun (SD, SMP, SMA) dalam memahami Tenses English Irregular Verbs, membantu siswa memahami dasar – dasar ilmu fisika dan mencerdaskan siswa dalam membahas rumus –rumus matematika dasar,  semua itu hanya dengan memainkan fungsi alat MAGIC DISC. Sangat mudah bukan….??.
5.      Magic Disc Edisi Khusus
Magic Disc Edisi khusus dirancang sesuai kebutuhan user (konsumen), secara umum bentuk dasarnya sama dengan jenis Magic Disc yang tersedia hanya saja perubahan dapat dilakukan pada warna, gambar (logo), tulisan menurut kebutuhan ; misalnya gambar sekolah (logo OSIS), logo perusahaan atau instansi terkait, gambar perorangan atau kelompok, tulisan visi dan misi atau himbauan (iklan lainnya) sejauh tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku di negara RI dan norma masyarakat serta selalu mendukung kemajuan pendidikan didaerah karena itu susuai dengan komitmen kami. Magic Dics dapat disetting juga untuk kepentingan media sosialisai Pemilu/Pemilukada baik untuk alat peraga (media kampanye) perorangan maupun partai. Untuk pemesanan edisi khusus dibutuhkan negosisiasi menyangkut bentuk, harga, jumlah pesanan minimal dan waktu pengadaan. Kami akan berusaha maximal untuk memenuhi sesuai kebutuhan pengguna.
6.      Magic Disc Sebagai Media Pembelajaran
Magic Disc sebagai media pembelajaran merupakan fasilitas penting dalam sekolah karena bermanfaat untuk meningkatkan perhatian anak. Dengan Magic Disc, anak diajak secara aktif memperhatikan apa yang diajarkan guru. Penggunaan Magic Disc diikuti dengan metode anak aktif, maka efektifitas pengajaran akan semakin baik. Magic Disc juga dapat melengkapi media pembelajaran di sekolah anda, disamping itu imbangi pula dengan kreasi-kreasi yang meningkatkan kreaktifitas siswa -siswa anda, misalnya dengan menggunakan Magic Disc sebagai media pembelajaran pada setiap topik pembehasan.

Sampai saat ini ada 4 (empat) jenis Magic Disc yang kami perkenalkan untuk anda:
1.      Magic Disc English (media pembelajaran bahasa inggris)
2.      Magic Disc Physics (media pembelajaran fisika)
3.      Magic Disc Mathematics (media pembelajaran matematika)
4.      Magic Disc Kimia
Magic Disc sebagai media pembelajaran atau alat bantu mengajar adalah perlengkapan yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar. Magic Disc dipakai saat guru menerangkan pelajaran, Jadi Magic Disc adalah media pembelajaran penting sebagai salah satu fasilitas “wajib” dalam sekolah saat ini karena: 1. Dengan Magic Disc sebagai media, pembelajaran akan disajikan lebih menarik. 2. Mengarahkan perhatian anak (anak perlu alat bantu untuk berkonsentrasi dalam mendengarkan pengajaran). 3. Membantu pengertian (menjelaskan cerita), karena pengertian anak akan sesuatu hal bisa berbeda dengan apa yang guru maksudkan. Sementara tidak semua guru dapat menceritakan dengan baik detail- detail ceritanya. Jadi penggunaan Magic Disc sebagai media pembelajaran adalah alat untuk menjelaskan yang sangat efektif. 4. Magic Disc sebagai media pembelajaran adalah alat bantu bagi anak untuk mengingat pelajaran. Magic Disc dapat menimbulkan kesan di hati sehingga anak-anak tidak mudah melupakannya. Sejalan dengan ingatan anak akan Magic Disc itu, ia juga diingatkan dengan pelajaran yang disampaikan guru. 5. Semakin kecil anak, ia semakin perlu visualisasi/konkret (perlu lebih banyak media pembelajaran) yang dapat disentuh, dilihat, dirasakan, dan didengarnya.
7.      Hambatan Utama Penggunaan Magic Disc
1.      Guru malas menyediakan Magic Disc sebagai media pembelajaran (biasanya dengan alasan: saya tidak punya waktu/dana, sekolah belum memiliki perlengkapannya, dll.).
2.      Guru beralasan “saya tidak bisa/tidak berpengalaman/saya tidak pandai menggunakan Magic Disc sebagai media pembelajaran “, dan sebagainya.
3.      Alasan guru “Begini saja ‘kan cukup … mau apa lagi?” (hal ini biasanya diucapkan guru yang merasa pandai berbicara).
4.      Keterbatasan dana,(walaupun harganya sangat murah dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat)
Mengingat sangat pentingnya Magic Disc sebagai media pembelajaran di sekolah, hal berikut dapat dilakukan, yaitu:
1.      Komite Sekolah membuat tim kreatif, agar guru- guru merasa tidak sendiri dalam mempersiapkan Magic Disc sebagai media pembelajaran. Magic Disc dipersiapkan bersama-sama sehingga dapat disimpan sebagai koleksi Sekolah.
2.      Dewan guru beserta dengan kepala sekolah dapat menjadikan Magic Disc sebagai koleksi di perpustakaan dengan menggunakan Biaya Operasional Sekolah (BOS).
3.      Dan lebih ringan lagi bila biaya pengadaan Magic Disc di tanggung masing-masing siswa dengan dikoordinir oleh guru bidang study/guru kelas.
8.      Peluang Bisnis Magic Disc
MAGIC DISC merupakan Media Pembelajaran yang belum banyak dikenal masyarakat secara luas  dapat dijadikan media belajar alternatif dalam rangka memotifasi siswa-i untuk peningkatan kwalitas belajar, Magic Disc di buat dengan desain lux yang sangat menarik sebagai alat bantu belajar siswa pengganti buku atau LKS, dirancang berdasarkan standar pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) sehingga sangat membantu siswa dalam pemahaman materi pelajaran dan memudahkan guru dalam proses belajar mengajar. Penggunaan Magic Disc tidak mudah bosan, siswa termotivasi dengan belajar metode skema rolling melalui fungsi rotari sistem Magic Disc yang sangat unik.
Adapun sasaran penjualan Magic Disc disamping pada sekolah – sekolah melalui Guru Bidang Study, juga pada lembaga – lembaga non pemerintah seperti pesantren, les privat, toko buku (ATK), minimarket dan otlet lainnya. Magic Disc merupakan produk yang lagi booming dibeberapa daerah yang telah terjangkau pemasarannya. Pruduknya langka dan sangat dicari oleh siswa dan guru, hal ini menjadi momen penting bagi setiap orang untuk meraup keuntungan, pahami analisa berikut.
9.      Analisa Pamasaran
Setiap Kabupaten rata-rata terdapat 120 SD, 65 SMP dan 30 SMA dibawah Pemerintah Daerah (Dinas Pendidikan) dan juga terdapat 25 MI, 15 MTS dan 10 MA dibawah Kantor Departemen Agama, Untuk SD/MI target pemasaran khusus kelas V dan VI (2 kelas per SD/MI) untuk SMP/MTS rata-rata terdapat 9 kelas dan SMA/MA juga 9 kelas, bila masing-masing sekolah diasumsikan terdapat 35 siswa perkelas, maka jumlah rata-rata siswa perkabupaten sbb:

Asumsi data di atas (47.950 siswa) dapat dijadikan target pemasaran Magic Disc di setiap kabupaten. Untuk memperoleh data yang kongkrit anda dapat menghubungi Dinas Pendidikan dan Kantor Departemen Agama Kabupaten masing-masing, guna memudahkan anda dalam pencapaian sasaran penjualan.



10.   Analisa Keuntungan
Dari Jumlah siswa 47.950 per Kabupaten tentu tidak semua akan membeli 4 jenis produk Magic Disc yang anda pasarkan, apalagi menurut jenisnya juga tidak cocok dengan tingkat kurikulum sekolah mereka; Magic Disc English, Fisika dan Kimia kurang sesuai untuk murid SD, begitu juga halnya dengan Magic Disc Matematika tidak tepat untuk kurikulum SMA jadi analisanya sbb:

Jumlah prospek pemasaran 148.750 Magic Disc pada tahun pertama, jika 50 % saja dari prospek tadi dapat anda manfaatkan maka jumlah Magic Disc yang akan terjual menjadi: 148.750 x 50 % = 74.375 Magic Disc, Wooo sungguh angka yang pantastis bukan…..!
Harga Magic Disc tingkat agen (distributor) Rp.5,000 sedangkan harga jual ke user (siswa) Rp.10,000 (keuntungan anda 100 %) jika 74.375 Md x Rp.5.000 = Rp.371.875.000.- menjadi keuntungan kotor anda pada tahun pertama. Untuk memudahkan anda melakukan penjualan tentunya anda harus membagi keuntungan dengan mitra guru bidang study di sekolah yang anda kunjungi, sehingga tepat sasaran dan anda tidak membutuhkan energi yang banyak. Jika keuntungan itu anda bagi sama 50 : 50 maka sisa keuntungan masih sebesar Rp.371.875.000.- : 2 = Rp.185,937,500.- pertahun. Anda hitung sendiri berapa gaji anda perbulan ± 15,500,000 Tapi jika anda masih kurang beruntung dan hanya terjual seper-empat dari jumlah siswa saja anda masih punya income tidak kurang dari 7,500,000.- perbulan.
Woooo kapan lagi anda mulai kalau tidak sekarang, raih keuntungan anda yang sebenarnya Rp.185,937,500.- per tahun dari asumsi 50 % jumlah siswa yang menjadi target penjualan per Kabupaten. Analisa yang kami sampaikan merupakan angka minimal, Magic Disc Juga dapat dipasarkan ke tempat-tempat kursus atau les privat, pesantren modern, supermarket, toko buku/ATK, Perguruan Tinggi, dll. Produk Magic Disc juga merupakan produk cepat terjual, karena sangat diutuhkan siswa sebagai media belajar, unik, murah (hanya Rp.10.000) dapat terjangkau oleh segala lapisan masyarakat, memudahkan guru dalam mengajar dan sangat efektif sebagai media pembelajaran, lihat produknya Magic Disc.
Disampaing itu, Bisnis Magic Disc tidak pernah berhenti karena pada setiap tahun ajaran baru selalu saja ada siswa baru masuk sekolah dan itu prospek anda akan berlanjut, diperkirakan siswa baru bertambah 30 % dari jumlah siswa sekarang, kira – kira menurut data di atas 148.750 x 30% = 44,625 siswa akan bertambah setiap tahun ajaran baru untuk setiap Kabupaten, anda mungkin dapat menghitung – hitung sendiri sesuai analisa dan asumsi data di atas berapa jumlah prospek setiap tahun ajaran baru (44.625 x Rp.5.000 : 2 = Rp.111.562,500). Jika target pemasaran anda 50 % saja dari total siswa maka anda akan mendapat income 111.562.500 x 50 % = 55.781.250,- ( lihat gaji anda masih jauh diatas standar upah minimum).  Dan jiga Kabupaten tetangga anda belum memiliki agen resmi kami, anda juga dibolehkan meraih prospek bisnis yang lebih banyak, dan jika anda mau kami juga siap membantu anda untuk mengirim pesanan anda ke kabupaten/kota lain di seluruh wilayah Indonesia bila anda punya teman, keluarga, mitra bisnis. Paket pengirim atas nama anda dan penerima hanya tahu andalah yang mengirim produknya, artinya mitra anda akan terus order Magic Disc melalui anda dan harga anda sesuaikan untuk mendapat keuntungan kerja minimal. 

1 komentar:

  1. Raw Titanium and a few other tools for
    The camillus titanium Nitrogen Cartridges can be a useful tool for building your own titanium build high-quality 1xbet 먹튀 graphite. microtouch titanium trim walmart We've attached our titanium easy flux 125 amp welder high quality graphite tools to

    BalasHapus