STRATEGI PEMASARAN
MAGIC DISC
Pemasaran Magic Disc sangat erat hubungannya dengan dunia pendidikan dan
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari usaha penjualan melalui guru bidang
study di sekolah-sekolah di daerah terdekat dengan tempat tinggal para
distributor. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, akan banyak
menarik minat guru atau siswa di sekolah-sekolah yang kita bidik sebagai pangsa
pasar dari produk magic disc yang kita tawarkan. Kalaupun Magic Disc yang kita
tawarkan ternyata hanya dilirik tanpa satupun terjual, mungkin karena penerapan
strategi pemasaran yang keliru atau kurang tepat, bisa juga karena kita
menawarkan Magic Disc kepada guru atau siswa yang kurang tepat. Atau mungkin
guru/siswa masih ragu dengan kehadiran produk baru dilingkungan sekolah mereka,
sehingga mereka pada saat pertama hanya tertarik untuk melihat-lihat sekaligus
untuk membandingkan produk sejenis dari produsen lain.
Barang atau jasa yang baru masuk kedalam pasar, tentu akan menempati
kelas menengah kebawah jika dibandingkan dengan produk sejenis yang telah
menguasai pasar lebih dulu. Jika kita menginginkan Magic Disc yang kita
tawarkan menempati kelas atas dan banyak diminati oleh guru atau siswa, maka
beberapa usaha yang terkait dengan strategi pemasaran harus kita terapkan untuk
mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut. Karena dengan banyaknya Magic Disc
yang laku, maka dengan otomatis jumlah keuntungan yang kita dapatkan juga akan
berlipat ganda. Di sebuah sekolah
ekonomi, pasti banyak sekali dibahas tentang strategi pemasaran yang ditinjau
dari banyak aspek dan mungkin justru akan membingungkan bagi seorang
distributor (agen) yang hanya memahami dunia pemasaran atau penjualan secara
otodidak tanpa pernah bersentuhan dengan buku-buku atau pembahasan-pembahasan
secara lisan yang berhubungan dengan strategi pemasaran. Tetapi jangan salah
sangka terlebih dahulu, para distributor yang merintis usaha dan menjadi besar
secara otodidak tersebut, belum tentu kalah jika dibandingkan dengan lulusan
sekolah ekonomi yang lulus nilai cumlaude sekalipun.
Para distributor otodidak ini, biasanya memang lahir dari sebuah usaha
tingkat kecil dimana mereka diharuskan untuk membesarkan usahanya sehingga
dapat mempertahankan hidup. Cara untuk dapat mempertahankan hidup, tentu saja
salah satunya adalah terpenuhinya kebutuhan hidup. Dengan sebuah kondisi yang
setengah terpaksa atau dipaksa, biasanya sering muncul ide-ide baru yang segar
untuk menerobos pasar dan tak jarang pada akhirnya menjadi sebuah panutan atau
teladan bagi para distributor lain, baik yang otodidak maupun yang telah banyak
belajar strategi pemasaran dari bangku sekolah ekonomi yang mereka tempuh. Pepatah lama mengatakan bahwa pengalaman
adalah guru terbaik. Dan sampai saat ini, belum pernah mendengar sebuah pepatah
yang mengatakan jika sekolah adalah guru terbaik. Di bangku sekolah, terlalu
banyak teori-teori yang tidak praktis jika diterapkan pada kehidupan yang pada
kenyataannya mempunyai masalah-masalah yang lebih komplek daripada teori-teori
yang diajarkan.
Para distributor (agen) baik yang terlahir secara otodidak ataupun
terlahir dari bangku sekolah ekonomi favorit, pada akhirnya harus bersaing
untuk menemukan sebuah strategi pemasaran yang bagus dan tepat untuk mengatasi
persaingan yang terjadi didalam pasar. Apabila memang tidak atau belum mampu
untuk menemukan strategi pemasaran yang baru, maka mereka diharuskan untuk
mengembangkan strategi pemasaran yang sudah ada sehingga berbeda dengan
strategi pemasaran yang digunakan oleh para pesaingnya. Perbedaa dimaksud
tentunya bukan berbeda yang sifatnya aneh, nyleneh atau menyimpang, tetapi
mengembangkan menjadi lebih baik dan pada akhirnya akan mengundang konsumen
(guru/siswa) untuk melirik produk Magic Disc yang kita tawarkan dari pada
produk lain yang ditawarkan pesaing di sekolah-sekolah.
Strategi pemasaran yang biasa diambil para distributor Magic Disc antara
lain adalah :
1.
Mencari
sebuah sekolah atau lembaga pendidikan yang memiliki jumlah siswa yang banyak
atau tempat strategis yang menjual ATK, photo copy, toko buku otlet dll yang
sering disinggahi guru/siswa yang dibidik untuk membeli Magic Disc yang
ditawarkan.
2.
Menampilkan/memperlihatkan Magic Disc yang
bisa mengundang atau memancing guru/siswa untuk datang dan melihat-lihat jenis
produk yang ditawarkan.
3.
Memberikan suasana yang nyaman kepada guru/siswa
dan pengunjung lainnya.
4.
Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada calon
pembeli.
5.
Memberikan garansi terhadap Magic Disc yang kita
jual.
6.
Menetapkan harga standar yang sama antara satu
sekolah dengan sekolah lainnya yang berdekatan.
7.
Memberikan diskon atau potongan harga jika ada
yang beli dalam jumlah banyak.
8.
Memberikan diskon khusus kepada pembeli Magic
Disc yang sedang berulang tahun.
9.
Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.
10. Menyediakan
fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara gratis.
Mungkin itu adalah bagian-bagian yang sangat penting dan harus dilalui
dalam menerapkan strategi pemasaran untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya
dan tentunya belum semua dari keseluruhan strategi pemasaran yang ada. Selain
sepuluh hal diatas, yang tak kalah pentingnya adalah pemasangan iklan melalui
media local (Koran, tabloid, radio, brosur atau spanduk dll) serta pemberian
harga yang akan membentuk opini murah. Penulis
bukanlah seorang pengusaha otodidak juga bukan lulusan sebuah sekolah ekonomi,
jadi kalau dalam tulisan ini terdapat kesalahan atau kekurangan, silahkan para
ahli-ahli ekonomi untuk mengkoreksinya.
Produk Magic Disc
MAGIC DISC terdiri dari dua bagian berbentuk lingkaran (Disc). Antara satu
bagian dengan bagian yang lain disatukan dengan kancing (as) pada bagian
tengah. Bagian belakang lebih besar dengan diameter 20 cm, dan bagian depan
agak kecil berdiameter 17 cm. Antara lingkaran bagian depan dengan lingkaran
bagian belakang tidak dapat dipisahkan dalam satu kesatuan. Cara kerjanya
diputar salah satu bagian atau kedua-duanya searah jarum jam atau sebaliknya.
Seperti permainan sulap yang terkesan Magic mampu menampilkan rumus – rumus
secara cepat dan akurat, sehingga sangat membantu siswa dalam menjawab
soal-soal yang diberikan oleh guru, dan bagi guru sangat membantu dalam proses
belajar mengajar, Magic Disc sangat menarik bila dijadikan sebagai Media
Pembelajaran.
1.
Magic Disc English
Magic Disc English dirancang
sangat unik dengan perpaduan tiga warna merah, hitam dan putih dengan gambar herrypotther (simbol
kejeniusan) yang sangat disukai siswa, pada sisi lingkaran besar terdapat 92
kata kerja tak beraturan lengkap dengan artinya pada bagian belakang. Pada
lingkaran kecil di bagian depan dalam kotak terdapat 16 tensis beserta to be
dan cara menyusun kalimat menurut tensisnya. Dengan sedikit diputar siswa akan
dituntuntun untuk membuat kalimat-kalimat yang sesuai dengan tensis
masing-masing dengan kata kerja yang berubah-ubah dan dapat membangkitkan
imajinasi dan kreatifitas siswa menggunakan kata kerja dasar (B asic Verb) dan
memahami Tenses yang dibagi kepada 5 bentuk : S-Form, Past Form, Participle
form dan ING-Form serta penjabarannya ke dalam 16 Tensis sebagai m odal dasar
bagi siswa untuk menguasai konsep (4 skill)Speaking, Reading, Wr iting, dan
Listening. Magic Disc English sangat cocok bagi pemula yang ingin cepat
menguasai Bahasa Inggris, dapat menghemat waktu belajar 6 tahun (SMP & SMA)
juga bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris atau yang masih belajar pada les
privat.
2.
Magic Disc Physics
Magic Disc Fisika; dirancang
untuk memenuhi tuntutan kurik ulum SMP dan SMA, dalam segi bentuk dan warnyanya
hampir sama dengan magic disc english, hanya saja disamping gambar herrypother
juga terdapat gambar-gambar tokoh ilmuan fisika yang sangat terkenal, ini
semata hanya untuk menarik perhatian siswa secara emosional untuk lebih dekat
dalam memahami mata pelajaran fisika. Dengan menggunakan Magic Disc Fisika
siswa secara cepat dan akurat dapat memahami rumus – rumus fisika dasar,
satuan, symbol dan penemu dari daya, gaya, energi, usaha, massa, tekanan,
listrik dll serta analogi gerak trans lasi dan rotari dalam pelajaran Fisika
pada umumnya hanya dengan memutar sambil bermain siswa akan mudah memahami
fisika dasar. Berdasarkan pengalaman guru bidang study, mata pelajaran satu ini
bukanlah mata pelajaran faforit siswa karena berhubungan dengan rumus – rumus
yang sangat rumit, magic disc fisika hadir untuk menepis imej siswa yang rata –
rata tidak menyukai mata pelajaran yang satu ini.
3.
Magic Disc Mathematics
Magic Disc Matematika; hanya
cocok untuk murid SD/MI kelas IV, V dan V juga siswa SPM/MTS. Dirancang sangat
sederhana untuk membantu siswa memecahkan soal –soal yang berhubungan dengan
bentuk bangun, mencari luas, keliling dan jumlah volume serta istilah -istilah
dan satuan yang sering digunakan dalam pelajaran matematika. Berdasarkan amatan
guru bertahun-tahun soal-soal Ebtanas SD selalu keluar yang berhubungan dengan
ruas bangun dan karena itu Magic Disc Matematika dapat dijadikan solusi untuk
mengajar siswa yang lebih simple.
4.
Magic Disc Kimia
MAGIC DISC bukanlah permainan
sulap, satu –satunya kemudahan dalam penggunaan MAGIC DISC sebagai media
belajar adalah mempersingkat waktu belajar 12 tahun (SD, SMP, SMA) dalam
memahami Tenses English Irregular Verbs, membantu siswa memahami dasar – dasar
ilmu fisika dan mencerdaskan siswa dalam membahas rumus –rumus matematika
dasar, semua itu hanya dengan memainkan
fungsi alat MAGIC DISC. Sangat mudah bukan….??.
5.
Magic Disc Edisi Khusus
Magic Disc Edisi khusus
dirancang sesuai kebutuhan user (konsumen), secara umum bentuk dasarnya sama
dengan jenis Magic Disc yang tersedia hanya saja perubahan dapat dilakukan pada
warna, gambar (logo), tulisan menurut kebutuhan ; misalnya gambar sekolah (logo
OSIS), logo perusahaan atau instansi terkait, gambar perorangan atau kelompok,
tulisan visi dan misi atau himbauan (iklan lainnya) sejauh tidak bertentangan
dengan aturan yang berlaku di negara RI dan norma masyarakat serta selalu
mendukung kemajuan pendidikan didaerah karena itu susuai dengan komitmen kami.
Magic Dics dapat disetting juga untuk kepentingan media sosialisai
Pemilu/Pemilukada baik untuk alat peraga (media kampanye) perorangan maupun
partai. Untuk pemesanan edisi khusus dibutuhkan negosisiasi menyangkut bentuk,
harga, jumlah pesanan minimal dan waktu pengadaan. Kami akan berusaha maximal
untuk memenuhi sesuai kebutuhan pengguna.
6.
Magic Disc Sebagai Media Pembelajaran
Magic Disc sebagai media
pembelajaran merupakan fasilitas penting dalam sekolah karena bermanfaat untuk
meningkatkan perhatian anak. Dengan Magic Disc, anak diajak secara aktif
memperhatikan apa yang diajarkan guru. Penggunaan Magic Disc diikuti dengan
metode anak aktif, maka efektifitas pengajaran akan semakin baik. Magic Disc
juga dapat melengkapi media pembelajaran di sekolah anda, disamping itu imbangi
pula dengan kreasi-kreasi yang meningkatkan kreaktifitas siswa -siswa anda,
misalnya dengan menggunakan Magic Disc sebagai media pembelajaran pada setiap
topik pembehasan.
Sampai saat ini ada 4 (empat)
jenis Magic Disc yang kami perkenalkan untuk anda:
1. Magic Disc English (media pembelajaran
bahasa inggris)
2. Magic Disc Physics (media pembelajaran
fisika)
3. Magic Disc Mathematics (media pembelajaran
matematika)
4. Magic Disc Kimia
Magic Disc sebagai media
pembelajaran atau alat bantu mengajar adalah perlengkapan yang digunakan oleh
seorang guru dalam mengajar. Magic Disc dipakai saat guru menerangkan
pelajaran, Jadi Magic Disc adalah media pembelajaran penting sebagai salah satu
fasilitas “wajib” dalam sekolah saat ini karena: 1. Dengan Magic Disc sebagai
media, pembelajaran akan disajikan lebih menarik. 2. Mengarahkan perhatian anak
(anak perlu alat bantu untuk berkonsentrasi dalam mendengarkan pengajaran). 3.
Membantu pengertian (menjelaskan cerita), karena pengertian anak akan sesuatu
hal bisa berbeda dengan apa yang guru maksudkan. Sementara tidak semua guru
dapat menceritakan dengan baik detail- detail ceritanya. Jadi penggunaan Magic Disc
sebagai media pembelajaran adalah alat untuk menjelaskan yang sangat efektif.
4. Magic Disc sebagai media pembelajaran adalah alat bantu bagi anak untuk
mengingat pelajaran. Magic Disc dapat menimbulkan kesan di hati sehingga
anak-anak tidak mudah melupakannya. Sejalan dengan ingatan anak akan Magic Disc
itu, ia juga diingatkan dengan pelajaran yang disampaikan guru. 5. Semakin
kecil anak, ia semakin perlu visualisasi/konkret (perlu lebih banyak media
pembelajaran) yang dapat disentuh, dilihat, dirasakan, dan didengarnya.
7.
Hambatan Utama Penggunaan Magic Disc
1.
Guru
malas menyediakan Magic Disc sebagai media pembelajaran (biasanya dengan
alasan: saya tidak punya waktu/dana, sekolah belum memiliki perlengkapannya,
dll.).
2.
Guru
beralasan “saya tidak bisa/tidak berpengalaman/saya tidak pandai menggunakan
Magic Disc sebagai media pembelajaran “, dan sebagainya.
3.
Alasan
guru “Begini saja ‘kan cukup … mau apa lagi?” (hal ini biasanya diucapkan guru
yang merasa pandai berbicara).
4.
Keterbatasan
dana,(walaupun harganya sangat murah dan dapat dijangkau oleh semua lapisan
masyarakat)
Mengingat sangat pentingnya
Magic Disc sebagai media pembelajaran di sekolah, hal berikut dapat dilakukan,
yaitu:
1. Komite Sekolah membuat tim kreatif, agar
guru- guru merasa tidak sendiri dalam mempersiapkan Magic Disc sebagai media
pembelajaran. Magic Disc dipersiapkan bersama-sama sehingga dapat disimpan
sebagai koleksi Sekolah.
2. Dewan guru beserta dengan kepala sekolah
dapat menjadikan Magic Disc sebagai koleksi di perpustakaan dengan menggunakan
Biaya Operasional Sekolah (BOS).
3. Dan lebih ringan lagi bila biaya pengadaan
Magic Disc di tanggung masing-masing siswa dengan dikoordinir oleh guru bidang
study/guru kelas.
8.
Peluang Bisnis Magic Disc
MAGIC DISC merupakan Media
Pembelajaran yang belum banyak dikenal masyarakat secara luas dapat dijadikan media belajar alternatif
dalam rangka memotifasi siswa-i untuk peningkatan kwalitas belajar, Magic Disc
di buat dengan desain lux yang sangat menarik sebagai alat bantu belajar siswa
pengganti buku atau LKS, dirancang berdasarkan standar pembelajaran Kurikulum
Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) sehingga sangat membantu siswa dalam pemahaman
materi pelajaran dan memudahkan guru dalam proses belajar mengajar. Penggunaan
Magic Disc tidak mudah bosan, siswa termotivasi dengan belajar metode skema
rolling melalui fungsi rotari sistem Magic Disc yang sangat unik.
Adapun sasaran penjualan Magic
Disc disamping pada sekolah – sekolah melalui Guru Bidang Study, juga pada
lembaga – lembaga non pemerintah seperti pesantren, les privat, toko buku
(ATK), minimarket dan otlet lainnya. Magic Disc merupakan produk yang lagi
booming dibeberapa daerah yang telah terjangkau pemasarannya. Pruduknya langka
dan sangat dicari oleh siswa dan guru, hal ini menjadi momen penting bagi setiap
orang untuk meraup keuntungan, pahami analisa berikut.
9.
Analisa Pamasaran
Setiap Kabupaten rata-rata
terdapat 120 SD, 65 SMP dan 30 SMA dibawah Pemerintah Daerah (Dinas Pendidikan)
dan juga terdapat 25 MI, 15 MTS dan 10 MA dibawah Kantor Departemen Agama,
Untuk SD/MI target pemasaran khusus kelas V dan VI (2 kelas per SD/MI) untuk
SMP/MTS rata-rata terdapat 9 kelas dan SMA/MA juga 9 kelas, bila masing-masing
sekolah diasumsikan terdapat 35 siswa perkelas, maka jumlah rata-rata siswa
perkabupaten sbb:

Asumsi data di atas (47.950
siswa) dapat dijadikan target pemasaran Magic Disc di setiap kabupaten. Untuk
memperoleh data yang kongkrit anda dapat menghubungi Dinas Pendidikan dan
Kantor Departemen Agama Kabupaten masing-masing, guna memudahkan anda dalam
pencapaian sasaran penjualan.
10.
Analisa
Keuntungan
Dari Jumlah siswa 47.950 per
Kabupaten tentu tidak semua akan membeli 4 jenis produk Magic Disc yang anda
pasarkan, apalagi menurut jenisnya juga tidak cocok dengan tingkat kurikulum
sekolah mereka; Magic Disc English, Fisika dan Kimia kurang sesuai untuk murid
SD, begitu juga halnya dengan Magic Disc Matematika tidak tepat untuk kurikulum
SMA jadi analisanya sbb:

Jumlah prospek pemasaran
148.750 Magic Disc pada tahun pertama, jika 50 % saja dari prospek tadi dapat
anda manfaatkan maka jumlah Magic Disc yang akan terjual menjadi: 148.750 x 50
% = 74.375 Magic Disc, Wooo sungguh angka yang pantastis bukan…..!
Harga Magic Disc tingkat agen
(distributor) Rp.5,000 sedangkan harga jual ke user (siswa) Rp.10,000
(keuntungan anda 100 %) jika 74.375 Md x Rp.5.000 = Rp.371.875.000.- menjadi
keuntungan kotor anda pada tahun pertama. Untuk memudahkan anda melakukan
penjualan tentunya anda harus membagi keuntungan dengan mitra guru bidang study
di sekolah yang anda kunjungi, sehingga tepat sasaran dan anda tidak
membutuhkan energi yang banyak. Jika keuntungan itu anda bagi sama 50 : 50 maka
sisa keuntungan masih sebesar Rp.371.875.000.- : 2 = Rp.185,937,500.- pertahun.
Anda hitung sendiri berapa gaji anda perbulan ± 15,500,000 Tapi jika anda masih
kurang beruntung dan hanya terjual seper-empat dari jumlah siswa saja anda
masih punya income tidak kurang dari 7,500,000.- perbulan.
Woooo kapan lagi anda mulai
kalau tidak sekarang, raih keuntungan anda yang sebenarnya Rp.185,937,500.- per
tahun dari asumsi 50 % jumlah siswa yang menjadi target penjualan per
Kabupaten. Analisa yang kami sampaikan merupakan angka minimal, Magic Disc Juga
dapat dipasarkan ke tempat-tempat kursus atau les privat, pesantren modern, supermarket,
toko buku/ATK, Perguruan Tinggi, dll. Produk Magic Disc juga merupakan produk
cepat terjual, karena sangat diutuhkan siswa sebagai media belajar, unik, murah
(hanya Rp.10.000) dapat terjangkau oleh segala lapisan masyarakat, memudahkan
guru dalam mengajar dan sangat efektif sebagai media pembelajaran, lihat
produknya Magic Disc.
Disampaing itu, Bisnis Magic
Disc tidak pernah berhenti karena pada setiap tahun ajaran baru selalu saja ada
siswa baru masuk sekolah dan itu prospek anda akan berlanjut, diperkirakan
siswa baru bertambah 30 % dari jumlah siswa sekarang, kira – kira menurut data
di atas 148.750 x 30% = 44,625 siswa akan bertambah setiap tahun ajaran baru
untuk setiap Kabupaten, anda mungkin dapat menghitung – hitung sendiri sesuai
analisa dan asumsi data di atas berapa jumlah prospek setiap tahun ajaran baru
(44.625 x Rp.5.000 : 2 = Rp.111.562,500). Jika target pemasaran anda 50 % saja
dari total siswa maka anda akan mendapat income 111.562.500 x 50 % =
55.781.250,- ( lihat gaji anda masih jauh diatas standar upah minimum). Dan jiga Kabupaten tetangga anda belum
memiliki agen resmi kami, anda juga dibolehkan meraih prospek bisnis yang lebih
banyak, dan jika anda mau kami juga siap membantu anda untuk mengirim pesanan
anda ke kabupaten/kota lain di seluruh wilayah Indonesia bila anda punya teman,
keluarga, mitra bisnis. Paket pengirim atas nama anda dan penerima hanya tahu
andalah yang mengirim produknya, artinya mitra anda akan terus order Magic Disc
melalui anda dan harga anda sesuaikan untuk mendapat keuntungan kerja minimal.
Raw Titanium and a few other tools for
BalasHapusThe camillus titanium Nitrogen Cartridges can be a useful tool for building your own titanium build high-quality 1xbet 먹튀 graphite. microtouch titanium trim walmart We've attached our titanium easy flux 125 amp welder high quality graphite tools to